Skip to main content

Apakah organisasi itu, lalu apakah manfaatnya?

Organisasi dapat diartikan sebagai suatu perkumpulan orang-orang yang sengaja untuk mencapi tujuan tertentu dangan berbagai aturan yang ditentukan. Wujud perkumpulan itu dapat kita jumpai di berbagai bidang seperti sekolah, pemerintahan, kampus, bank, partai-partai polit, karang taruna dan sebagainya. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, organisasi bisa diartikan sebagai kesatuan yang terbentuk karena penggabungan dari beberapa orang dan sebagainya dalam satu perkumpulan yang mempunyai tujuan tertentu: kelompok kerjasama antar orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama.
Apakah organisasi itu, lalu apakah manfaatnya?
Oleh karena itu, ada banyak jenis organisasi, seperti organisasi massa (kelompok atau organisasi sosial yang mempunyai tujuan dan cita-cita yang sama), organisasi profesi (organisasi yang dibentuk oleh orang-orang yang memiliki profesi yang sama), organisasi sosial (organisasi yang mengatur sistem hubungan antar orang dan antar kelompok berdasarkan jenis kegiatan dan pembagian fungsional untuk menyelesaikan kewajiban bersama dalam masyarakat.

  1. Tujuan organisasi
    Setiap organisasi harus memiliki tujuan. Tujuan dari organisasi dicerminkan dari sasaran-sasaran yang dilakukan baik baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. paling tidak ada tiga bidang utama dalam tujuan organisasi tersebut.
    • Keuntungan (Profitability)
      Keuntungan ini bukan semata-mata keuntungan meteri, tetapi juga keuntungan sosial, tergantung organisasi dalam bidang apa. Jika organiasasi dalam bidang ekonomi, maka keuntungan materi yang dituju. Jika organisasi bidang sosial masyarakat, keuntungan sosial lah untuk pemberdayaanlah yang utama.
    • Perkembangan / pertumbuhan (growth)
      Dengan berorganisasi diharapkan taraf kehidupan akan berkembang dan meningkat menjadi lebih baik. Jika tidak lebih baik, organisasi tersebut pasti mempunyai masalah.
    • Bertahan hidup (survive)
      Berorganisasi untuk mempermudah dan meringankan sesuatu yang berat, filosofi "ringan sama dijinjing, berat sama dipikul" dan "bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh" menjadi prinsip yang harus dipegang kuat.
  2. Stuktur
    Struktur dibentuk dalam sebuah organisasi dengan tujuan agar posisi setiap anggota dapat dipertanggungjawabkan mengenai hak maupun kewajibannya. Struktur dibentuk agar organisasi berjalan rapi, karena terdapat struktur komando, siapa yang berwenang dan siapa yang berwenang. Pentingnya struktur organisasi yang juga untuk pembagian tugas dan efektifitas kerja orang tersebut.
  3. Sistem dan prosedur
    Sebuah organisasi diatur berdasarkan aturan-aturan yang di tetapkan bersama dan tentu saja harus dengan penuh komitmen dalam menjalankannya. Oleh karena itu, setiap organisasi dipastikan memilih sistem prosedur. Sistem dan prosedur tersebut menjadi paduan bagi mereka untuk menggerakan organisasi.
Apa Manfaat organisasi?
Manfaat organisasi sebagai berikut.
  1. Organisasi sebagai penuntun pencapaian tujuan. pencapaian tujuan akan lebih efektif dengan adanya organisasi yang baik.
  2. Organisasi dapat mengubah kehidupan masyarakat. Contoh dari manfaat ini yaitu jika organisasi bergerak dibidang kesehatan dapat membentuk masyarakat menjadi dan memiliki pola hidup sehat. Organisasi kepramukaan akan menciptakan generasi yang tangguh dan kesatria.
  3. Organisasi menawarkan karier. Karier berhubungan dengan pengetahuan dan ketrampilan. Jika kita menginginkan karier untuk kemajuan hidup, berorganisasi dapat menjadi solusinya.
  4. Organisasi sebagai cagar ilmu pengetahuan. Organisasi selalu berkembang seiring dengan munculnya fenomena-fenomena organisasi tertentu. Dengan berorganisasi akan diperoleh pengalaman-pengalaman dan akhirnya pengetahuan-pengetahuan baru.
Selain itu organisasi juga merupakan sekolah untuk para calon pemimpin. Demikian pengertian organisasi beserta manfaatnya organisasi bagi kehidupan manusia. Semoga ada pelajaran yang bisa di kita ambil dari tulisan saya kali ini. Jangan lupa untuk selalu mengeshare tulisan saya kepada teman-teman ataupu sanak saudara anda. Sebelum dan sesudah kami haturkan TERIMAKASIH!!!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar