Tanggung Jawab

Kesedian untuk menanggung segenap akibat dari perbuatan yang menuntut jawab, merupakan pertanda dari sifat orang yang bertanggung jawab.wujud bertanggung jawab bermacam-macam. Ada tanggung jawab kepada diri sendiri, tanggung jawab kepada masyarakat dan tanggung jawab kepada Tuhan. Tanggung jawab diri sendiri berarti menanggung tuntutan kata hati, misalnya dalam bentuk penyesalan yang mendalam. Bertanggung jawab kepada masyarakat berarti menanggung tubtutan dan norma-norma sosial. Bentuk tuntutanya berupa sanksi-sanksi sosial seperti cemoohan masayarakat, hukuman penjara dan lain-lain. Bertanggung jawab kepada Tuhan berarti menanggung tuntutan norma-norma agama, misalnya perasaan berdosa dan terkutuk.

Disini tampak betapa eratnya hubungan antara kata hati, moral, dan bertanggung jawab. Kata hati berarti pedoman, moral melakukan, dan bertanggung jawab merupakan kesediaan menanggung konsekuensi dari perbuatan.

Eratnya antara hubungan ketiganya itu juga terlihat dalam hal juga kadar kesediaan bertanggung jawab itu tinggi apabila perbuatan sinkron dengan kata hati (yang dimaksud kata hati yang tajam). Itulah sebabnya orang yang melakukan sesuatu karena paksaan (bertanggung jawab dengan kata hati)

Disqus Comments