Gendre Sastra

Gendre sastra adalah penjenisan atau pengatagorian sastra berdasarkan kriteria tertentu, seperti bentuk, isi, teknik, dan persoalanya. Pengkategorian berdasarkan pemikiran Aristoteles dan Plato. Mereka membagi sastra menjadi tiga kelas utama.

Gendre Sastra

Tiga kelas utama sastra tersebut adalah:
1.  Puisi
Puisi adalah bentuk karya sastra yang terikat oleh irama, rima dan penyusun bait dan baris yang bahasanya terlihat indah dan penuh makna. Puisi terbagi menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi modern. Puisi lama masih terikat dengan jumlah baris, bait, ataupun rima ( sajak ).

2.  Prosa
Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahasa Latin "prosa" yang artinya "terus terang". Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Karenanya, prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis media lainnya.

3.  Drama
Karya sastra yang di tulis dalam bentuk dialog. Drama merupakan sebuah karya yang memuat nilai artistik yang tinggi. Sebuah drama mengikuti struktur alur yang tertata.


Disqus Comments